Persiapkan Clutser Food Estate Kalteng, Kepala Badan PPSDMP Motivasi Peternak Milenial Palangkaraya

IMG 20231213 WA0047

KALTENG, sabanua.com – Dalam rangka mempersiapkan Kunjungan Kerja Menteri Pertanian, Amran Sulaiman di Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi mengunjungi salah satu peternak milenial sebagai salah satu clutser peternakan di Kawasan Food Estate Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kunjungan di dampingi Plh Kepala BBPP Binuang Dr. joko Tri Harjanto, ST, MMA, Kepala SMKPP Banjarbaru, Penyuluh Pendamping dan FK P4S Provinsi Kalteng.

Kunjungan kerja Menteri Pertanian (Andi Amran Sulaiman) dalam kegiatan menghadiri pembinaan Pembinaan Penyuluh Pertanian wilayah Kalimantan Tengah guna mempercepat sawah baru dari lahan rawa untuk meningkatkan produksi padi dan jagung.

“Ia adalah Tulus, Peternak Kambing dari Desa Tanjung Pinang, Kecamatan Pahandut Kota Palangkaraya. Dirinya masih terbilang muda, namun semangatnya yang luar biasa,”ungkapnya pada hari minggu (10/12).

Di samping pengelolaan manajemen kandang juda kesiapan Tulus dalam mengelola pakan ternak jelas dedi.

hijauan pakan ternaknya sangat luar biasa berlimpah dan mudah untuk didapatkan terang dedi.

Hal ini merupakan modal yang utama. Dimana ada pakan, disitu ada ternak. Tinggal yang harus dipoles adalah konsentratnya, terutama bahan-bahan yang kadar proteinnya tinggi,” Paparnya.

Ka Badan PPSDMP juga membagikan tips, kiat sukses dalam berternak.

“Dengan pakan ternak yang bagus dapat meningkatkan berat badan serta meningkatkan produksi ternak. Kemudian yang perlu diperhatikan yakni pengendalian organisme pengganggu ternak. Harus betul-betul menguasai penyakit ternak, sehingga bila ia datang bisa segera ditanggulangi. Dan yang terakhir, bibit harus yang berkualitas, Bila berat badannya bagus, Maka anakannya juga akan baik,” pungkasnya.

Joko Tri Harjanto Plh. kepala BBPP Binuang Mengungkapkan siap dukung kebijakan penyediaan pangan konsentrat ternak dan penumbuhan dan pembentukan P4S baru.

Adapun P4S merupakan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya, yang dibangun, dibentuk, dan dikelola oleh petani, sebagai bentuk nyata partisipasi aktif petani dalam pembangunan pertanian jelas Joko.

Yang nantinya seluruh P4S yang ada di Kalimantan Tengah akan membentuk jejaring dalam mendukung ketahanan pangan di Kalimantan Tengah jelas Joko.

Tulus pemilik kandang yg juga seorang petani milenial berharap pada kunjungan ka BPPSDMP kementan ini dapat mensuport peternak di kalteng sebagai wadah pemenuhan swasembada pangan khususnya daging di Kalteng, (AG/IRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *