Guru SMPN 30 Banjarmasin di Ajarkan Menulis Karya Ilmiah

IMG 20230816 WA0035

 

Banjarmasin, sabanua.com – Saat ini tenaga pendidik si tuntut untuk memiliki kemampuan dapat menulis karya ilmiahnya sendiri. Baik itu guru di jenjang Sekolah Menengah Pertama hingga ke perguruan tinggi.

Untuk mencapai hal itu, Program Studi Pendidikan IPS Universitas Lambung Mangkurat melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Penulisan Karya Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Bagi Guru SMP di kota Banjarmasin”.

Pelaksaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diawali di SMPN 30 Banjarmasin sebagai peserta dalam pelatihan penulisan ini. Senin 14/08/2023.

Salah seorang pembimbing karya ilmiah, Muhammad Rezky Noor Handy, S.Pd., M.Pd menjelaskan Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas guru-guru atau tenaga pendidik, khususnya dalam penulisan karya ilmiah antara lain seperti PTK ataupun penulisan artikel ilmiah lainnya.

“Hal tersebut didasari karena hasil analisis kebutuhan dari guru-guru itu sendiri untuk syarat-syarat kenaikan pangkat terutama dalam penulisan artikel ilmiah,” jelasnya.

Sehingga Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat sendiri memilih SMPN 30 Banjarmasin sebagai langkah awal dalam melatih guru-guru di Kota Banjarmasin sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru itu sendiri.

Menurut Reazky, Kegiatan pengabdian masyarakat ini terdapat beberapa agenda dalam pelaksanaannya yaitu agenda utama kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah kepada para guru SMPN 30 Banjarmasin sebagai peserta dalam miningkatkan kemampuan profesionalisme guru-guru terutama dalam menaikkan grade,

“Tim pengabdian Kepada Masyarakat juga membantu dalam melatih guru-guru di SMPN 30 Banjarmasin dalam penulisan karya ilmiah sendiri dan kegiatan ini tidak hanya berlangsung satu kali berlanjut kedepannya,” tegasnya.

Kegiatan di Ketuai langsung oleh Mahmudah Hasanah, S.Pd., M.Pd. Serta dari Narasumber utama yaitu Dr. Syaharuddin, M.A., dan dosen-dosen lainnya seperti Muhammad Adhitya Hidayat Putra, S.Pd., M.Pd., Muhammad Rezky Noor Handy, S.Pd., M.Pd., Rusmaniah, M. Pd., dan M. Ridha Ilhami, M.Pd..

Kepala sekolah SMPN 30 Banjarmasin, Faisal Rachman, S.Pd., M.Pd. mengharapkan kepada para peserta yang terdiri dari guru-guru agar dapat serius dan mencermati dalam mengikuti kegiatan ini sehingga nantinya mampu meningkatkan kompetensi mereka dalam bidang akademik salah satunya pada penulisan karya ilmiah seperti artikel jurnal ataupun penelitian lainnya.

Harapan setelah dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini untuk guru-guru lebih mudah dalam pemahaman bagaimana cara dalam penulisan karya ilmiah yang baik dan benar sehingga dapat membantu mereka dalam menaikkan grade guru dan membantu melatih guru-guru di SMPN 30 Banjarmasin dalam penulisan karya ilmiah dalam upaya peningkatan Profesionalisme guru itu sendiri, baik untuk sekarang dan yang akan datang. (SB02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *