Pemkab Tapin Gelar Rapat Penggunaan DAK 2023

e5d77277326a4e52892808bc316933af

 

Rantau, sabanua.com – Dengan terbitnya rincian alokasi Transfer ke Daerah (TKD). Pemerintah Kabupaten Tapin mulai bersiap merinci kegiatan baik itu pembangunan fisik maupun non fisik untuk tahun 2023 mendatang sehingga dapat selaras dengan Pemerintah Pusat.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Tapin gelar Rapat teknis rincian kegiatan DAK Kabupaten Tapin Tahun 2023. Kegiatan dibuka Bupati Tapin HM Arifin Arpan, Kamis 17/11 Bertempat di Meeting Room Yello Hotel Jakarta.

Sekretaris Bappelitbang, Meidy Haris Prayoga mengatakan Kabupaten Tapin menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2023 sebesar RP. 46.278.470.000,- yang digunakan untuk fisik. Dan untuk non fisik sebesar RP 105.526.191.000,-.

“Kabupaten Tapin mendapatkan Dana Alokasi Khusus sebesar Rp 151.804.661.000,-. Yang mana anggaran tersebut digunakan untuk fisik dan non fisik,” Ujarnya.

Untuk peserta rapat sendiri yakni, Tim Anggaran Pemerintah Daerah, dan OPD Pengampu DAK Fisik dan Non Fisik 2023. Dan menghadirkan Dari Kementrian PPN/Bappenas RI yakni Hendro yang menjabat sebagai Jabatan Fungsional Perencana Utama Kementrian PPN/Bappenas RI.

Sementara itu, Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan dengan digelarnya rapat pada hari ini tidak lain agar Pemerintah Kabupaten Tapin mendapatkan informasi secara langsung dari Bappenas tentang kebijakan rincian kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023.

Tidak hanya itu sehingga kedepan nantinya Pemerintah Daerah dapat mengupayakan adanya peningkatan dana DAK yang merupakan salah satu sumber pendanaan pembangunan Kabupaten Tapin.

“Kita berharap pada tahun yang akan datang dana DAK Kabupaten Tapin dapat terus meningkat,” Harapnya.

Dijelaskan Bupati, Di Bulan Nopember 2022 ini rangkaian tahapan usulan DAK 2023 memasuki pada tahap pembahasan rincinan kegiatan di masing – masing sub kegiatan yang dibahas antara Pemda dan Kementerian maupun lembaga.

“Melalui kegiatan ini kita dapat melihat bagaimana kebijakan belanja DAK yang diamanatkan oleh Pemerintah Pusat,” Terangnya.

Bupati berharap kepada peserta rapat agar dapat menyimak dengan baik arahan dari Narasumber khususnya yang kita hadirkan pada hari ini merupakan dari Bappenas secara langsung. Sehingga apa yang kita kerjakan dapat sejalan dengan pembangunan Pemerintah Pusat.

“Adanya kegiatan ini membuat Pemerintah Daerah memiliki informasi tentang penggunaan dana DAK 2023,” Ujarnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *