Mengayomi Masyarakat, Camat Piani Luncurkan Aplikasi SILPIA

IMG 20230613 WA0048

TAPIN, sabanua.com – Pemerintah resmikan sistem informasi pelayanan di Kecamatan Piani (SILPIA) berbasis android untuk mengayomi masyarakat di wilayah pegunungan Meratus di Kabupaten Tapin.

Camat Piani, Ari Wijaya mengatakan sistem informasi layanan publik ini berguna untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal urusan administrasi hingga perijinan.

“Masyarakat bisa mendownload aplikasi ini atau menjadi user langsung untuk mengakses layanan SILPIA,” ucapnya, Selasa (13/6/2023).

Ari menyampaikan kedepan penerapan gagasannya tersebut bisa dikembangkan lebih jauh, yakni seluruh layanan publik di Kecamatan.

Asisten Pemerintahan dan Kesra H Gusti Ridha Jaya mengatakan implementasi sistem informasi layanan publik ini selaras dengan program smart city Kabupaten Tapin.

“Terobos ini nanti bisa dikembangkan dan dikolaborasikan dengan sistem yang ada. Kitakan sudah punya smart city,” ujarnya.

Aplikasi yang dicanangkan untuk kemajuan pemanfaatan sistem informasi di era digital ini, kata Jaya, pengenalannya harus digencarkan agar tercipta budaya baru yang diinginkan.

Adapun keterbatasan untuk menyukseskan tujuan utama aplikasi SILPIA ini, yakni di sejumlah desa di Kecamatan Piani banyak terdapat area blank spot.

“Untuk jaringan komunikasi di kecamatan ini masih lemah, nah itu akan menjadi PR kita ke depan,” ujarnya.

Permasalahan di kawasan perbukitan tersebut, kata Jaya, masuk sebagai prioritas pemerintah kabupaten.

Akses internet itu diupayakan pemerintah, tak hanya untuk SILPIA namun juga pemerataan telekomunikasi di Kabupaten Tapin yang dinilai berdampak tehadap kemajuan sosial – ekonomi masyarakat. (SB05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *