Tapin  

Masyarakat Kabupaten Tapin Resmi Terlindungi BPJS Melalui Program UHC

IMG 20231130 163425 522

 

Rantau, sabanua.com – Terhitung sejak bulan Nopember 2023, masyarakat Kabupaten Tapin telah terlindungi jaminan kesehatannya melalui program Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Kesehatan Semesta.

Komitmen nyata untuk memberikan jaminan perlindungan kesehatan kepada seluruh masyarakat serta untuk menjaga keberlangsungan Program JKN ditunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten Tapin dengan keberhasilannya mencapai predikat UHC per November 2023. Predikat UHC ini diberikan lantaran Pemerintah Kabupaten Tapin berhasil memastikan lebih dari 95 persen penduduknya telah terdaftar sebagai peserta Program JKN dari berbagai segmen.

Raihan UHC ini menjadi “kado manis” yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Tapin kepada seluruh warganya pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapin ke-58. Dalam pidato sambutannya kala menerima penghargaan Piagam UHC dari pihak BPJS Kesehatan (30/11).

Pj. Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin, menyampaikan bahwa hal ini merupakan komitmen nyata dari Pemerintah Daerah untuk memastikan warga Tapin terlindungi Program JKN.

” Tercatat hingga saat ini sebanyak 187.359 dari total 196.412 penduduk Kabupaten Tapin telah terdaftar sebagai peserta Program JKN,” ungkapnya.

Artinya sebesar 95,39 persen masyarakat Kabupaten Tapin sudah dipastikan memiliki jaminan kesehatan sehingga tidak perlu lagi memiliki rasa takut untuk berobat apabila memang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Syarifuddin juga menyebut pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan dalam kaitannya menjaga keberlangsungan Program JKN di Kabupaten Tapin.

Plh. Deputi Direksi Wilayah VIII BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma’ruf, menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi komitmen dan keseriusan Pemerintah Kabupaten Tapin dalam upayanya mencapai predikat UHC.

“Kami sangat memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bupati dan seluruh jajaran di pemerintahan Kabupaten Tapin atas komitmen serta keseriusannya dalam memastikan tercapainya UHC di Kabupaten Tapin,” jelas Iqbal.

Iqbal menyebut capaian UHC ini merupakan akhir yang manis dari segala upaya koordinasi yang dilakukan oleh para pihak yang terlibat. Iqbal juga menjelaskan bahwa UHC Kabupaten Tapin ini akhirnya melengkapi formasi UHC di wilayah Banua Enam yang menjadi wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Barabai.

“Selain menjadi kado yang manis, capain UHC ini juga tentu menjadi awal yang baik sekaligus menjadi tantangan bagi kita semua untuk terus berkoordinasi, berkolaborasi dan berinovasi dalam mempertahankan UHC di Kabupaten Tapin ini hingga tahun-tahun berikutnya,” sambungnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *