Tapin  

Polres Tapin Gelar Apel Operasi Zebra Intan 2024, Fokus pada Keselamatan dan Kedisiplinan Berlalu Lintas

Polres Tapin menggelar Apel Gelar Pasukan sebagai persiapan pelaksanaan Operasi Zebra Intan 2024, Senin (14/11).

RANTAU, sabanua.com – Polres Tapin menggelar Apel Gelar Pasukan sebagai persiapan pelaksanaan Operasi Zebra Intan 2024, Senin (14/10).

Acara ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana, dan prasarana, serta keterlibatan instansi terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra Kamtibmas.

Kapolres Tapin, AKBP Jimmy Kurniawan, dalam sambutannya menegaskan pentingnya operasi ini dalam menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Tapin.

“Jalan raya adalah sarana penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dan merupakan kunci utama dalam tumbuhnya roda perekonomian. Oleh karena itu, kita harus bersama-sama menjaga dan mengelola lalu lintas dengan baik,” ujarnya.

Operasi Zebra Intan 2024 akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari 14 hingga 27 Oktober 2024, dengan melibatkan 589 personel. Operasi ini mengedepankan pendekatan edukatif, persuasif, serta humanis yang didukung dengan penegakan hukum secara elektronik.

“Kami akan menekankan pendekatan yang simpatik dalam operasi ini, dengan fokus utama menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih,” lanjut Kapolres.

Dalam operasi ini, ada tujuh pelanggaran lalu lintas yang menjadi prioritas penindakan, termasuk pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, dan pelanggaran tidak menggunakan helm atau sabuk pengaman.

Kapolres Tapin juga menyoroti pentingnya operasi ini dalam menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Seperti melawan arus dan melebihi batas kecepatan.

“Pada tahun 2022, tercatat 25 kasus kecelakaan, dan meningkat menjadi 39 kasus pada tahun 2023. Melalui operasi ini, kami berharap dapat menurunkan angka pelanggaran dan fatalitas kecelakaan,” kata AKBP Jimmy.

Sebagai penutup, Kapolres mengimbau seluruh personel yang terlibat dalam operasi untuk tetap humanis dan simpatik dalam bertindak, serta mengedepankan langkah preemtif dan preventif demi mewujudkan lalu lintas yang tertib dan aman di wilayah Tapin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *